Madrasah Stanawiyah Negeri 1 Lamongan berasal dari PGA 4 tahun Swasta, yang berdiri pada tahun 1969 atas prakarsa ulama dan tokoh masyarakat di wilayah kecamatan Babat. Diantara mereka yaitu : bapak K.H Bukhori Hasyim, bapak Hadi Hoesnan dan Ibu Supini, bapak warsani kemudian pada tanggal 1 Agustus 1970 PGA 4 tahun Swasta tersebut memperoleh status di negerikan menjadi PGAN 4 tahun dengan surat keputusan menteri agama No. 164/1970.

Pada tanggal 16 maret 1978 PGAN 4 tahun Babat berubah status menjadi Madrasah Stanawiyah Negeri ( MTs. N) Babat Lamongan berdasarkan surat keputusan menteri agama No. 16tahun 1978 tanggal 16 Maret 1978 hingga sekarang. Berubahan status ini mempunyai dampak positif terhadap perkembangan lembaga, secara berangsur- angsur MTs.N Babat berusaha meningkatkan diri baik pembembangan fisik maupun non fisik.

Kemudian pada tahun 1999 melalui surat keputusan Dirjen Bin Bagais Depak No: E.242 A. 99, MTsN Babat meningkat statusnya menjadi MTsN Model Babat  Kabupaten Lamongan melalui proyek BEP dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana termasuk PSBB.

Pondok Al-Mubarikah berdiri sejak tahun 1992 atas inisiatif bapak Drs. Haji Hudori Almarhum (Alm) selaku kepala MTs.N Babat pada saat itu. Dengan tujuan untuk menampung para siswa –siswi yang berdomisili jauh dari lokasi MTsN Babat. Diawal berdirinya Ma’had Al-Mubarokah belum mempunyai nama, hanya Ma’had sebagai sebutanya.

Seiring dengan perkembangan MTs.N Babat menjadi MTs.N 1 Lamongan, Ma’had Al-Mubarokah juga mengalami berkembangan yang pesat. Terbukti siswa-siswi yang berkeinginan menetap di ma’had Al-Mubarokah tidak hanya datang dari wilayah lamongan saja, tapi berasal dari luar Lamongan, seperti Tuban, Bojonegoro, Gresik, Nganjuk, Jombang, Surabaya,bahkan dari luar jawa.

Hal ini menjadi perhatian serius pihak ma’had Al-mubarokah, sehingga dalam programnya tidak hanya sebagai tempat mukim bagi siswa yang rumahnya jauh, tetapi juga sebagai wahana pendidikan kepesantrenan.

Madrasah Diniyah misalnya, merupakan upaya Ma’had untuk memberikan bekal dasar pengetahuan keagamaan, pendidikan akhlaqul karimah juga diberikan di Ma’had Al-Mubarokah melalui pembiasaan-pembiasaan baik disemua program yang telah direncanakan.

Ma’had Al-Mubarokah juga menyiapkan para santrinya untuk menjadi da’i muda yang cakap dalam berorasi dan berpidato dalam 3 bahasa sebagaimana yang diprogramkan dalam kegiatan Muhadoroh.

Setidaknya Ma’had Al-Mubarokah telah memberikan konstribusi besar terhadap keberadaan MTs.N 1 Lamongan dalam membantu mengantarkan siswa siswi berhasil dalam bidang akhlaqul karimah, pengetahuan keagamaan dan juga pengetahuan umumnya.

Hal ini terbukti sampai saat ini alumni santri Ma’had Al-Mubarokah banyak yang diterima di sekolah-sekolah SMA favorit dan MAN Unggulan diwilayah Jawa Timur seperti MAN 3 Malang, SMA Darul Ulum 2 di BPPT Jombang, Pondok Modern Gontor bahkan MAN Insan Cendekia Serpong Jawa Barat.

 

Kepala MTsN 1 Lamongan Sejak Berdiri :

1971   H. ENDRO SUPRAPTO

1984   Drs. H. SYAIFULLAH

1994   Drs. H. MUNADJI

1989   Drs. H. HUDLORI

1996   Drs. H. MUFID

1998   Drs. H. ABD MU’THI, M.Pd

2005   Drs. H. SUPANDI, M.Ed

2009   Drs. H. M MISKAN CHOIRI, M.Ag

2013   Drs. H. ABDUL HAYAT, MA

2018   Drs. H. SUTAR, M.M s/d Sekarang

 

Kepala Ma’had Al-Mubarokah :

Periode 1994 – 1996                        Ust. MUHAMMAD YUSUF (alm)

Periode 1997 – 1999                        Ust WARDANI

Periode 2000 – 2002                       Ust. IMAM SYAFI’I

Periode 2003 – 2016                       Ust YUNIS TAUFIQURRAHMAN

Periode 2017 – 2018                        Ust JAUHAROTUL ANWAR

Periode 2019 – sekarang                Ust Mukhlis